Sabtu, 20 Februari 2016

Tips Ampuh Interview Di Perusahaan

        Setiap orang yang akan melamar pekerjaan pasti akan melalui yang namanya tes interview atau wawancara kerja. Pada umumnya, tes interview merupakan tes yang paling menentukan setelah tes psikotest. Saat tes interview atau wawancara, memang saat itu terbilang menegangkan buat orang yang pertama kali melamar pekerjaan. Sehingga tidak sedikit juga banyak orang yang gagal melalui proses tes ini. Untuk itu saya akan memberikan tips agar Anda bisa lulus tes interview atau wawancara. Simak agar Anda lulus. Saya menyarankan sebelum Anda melakukan tes interview ada baiknya Anda harus mencari tahu tentang profil perusahaan tersebut.


  1. Penampilan
          Sebelum Anda melakukan tes interview, ada baiknya Anda memakai pakaian formal seperti kemeja yang berwarna terang dan rapi namun tidak mencolok dan jangan pernah Anda menggunakan jeans untuk wawancara, jangan lupa memakai dasi agar terlihat layaknya karyawan profesional, Karena penampilan yang rapi adalah poin awal Anda saat menghadapi pewawancara




     2.  Kenali Lingkungan Perusahaan
          Ada baiknya anda datang lebih awal sebelum anda interview, kenali lingkungan perusahaan maksudnya anda mencari informasi perusahaan seperti gaji karyawan, sejarah berdirinya perusahaan, dan untuk apa perusahaan tersebut berdiri, agar saat anda di interview anda sudah banyak mengumpulkan informasi di perusahaan tersebut,

    3.   Ketuk pintu dan berikan salam
          Sebelum anda membuka pintu anda harus mengucapkan salam terlebih dahulu jika muslim baiknya anda memberi salam,jika non muslim katakan pagi jika anda di interview pagi hari..
Setelah dipersilahkan masuk, segeralah Anda menjabat tangan pewawancara untuk bersalaman karena ini berguna untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses wawancara. Jangan lupa juga untuk memberikan sedikit senyuman.

   4.   Saat interview lakukan kontak mata



         saatnya sekarang Anda lakukan kontak mata terhadap pewawancara. Saat Anda menjawab pertanyaan pewawancara, usahakan tatapan Anda jangan kosong atau melamun. Hal ini berguna agar pewawancara berpikir bahwa Anda orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada bagian perusahaan mereka.

   5.   jawaban yang jelas
         Maksudnya anda harus menjawab pertanyaan yang di berikan interview dengan jelas dan tidak bertele-tele,jangan mengatakan tidak pada saat interview,jawab saja anda bisa dan urusan selanjutnya adalah tinggal anda mati-matian belajar dari buku atau bertanya pada karyawan yang sudah lama, agar orang yang interview anda menganggap anda serius kerja di perusahaan tersebut

   6.   Apa motivasi anda bekerja
         Saat anda ditanya apa motivasi anda bekerja diperusahaan ini maka berilah jawaban yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar, misalnya saja melamar jadi penulis di suatu penerbit maka bilang saja kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut, jangan sampai memberi alasan buruk misalnya karena terpaksa jadi melamar diperusahan bapak atau apalah yang malah membuat kamu dinilai sebagai calon karyawan yang buruk.

  7.   Jawaban saat ditanya gaji
         Jadi misalnya anda ditanya tentang gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja, Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk. Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka cukup katakan kalau “mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang dilamar”. Jangan sampai ngotot mau digaji sesuai jumlah yang kamu minta karena sudah pasti dalam tips cara agar mudah lolos interview ini kamu akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.

Itulah tips wawancara menurut pengalaman saya dan insyaallah di jamin ampuh,,,Semoga Berhasil....!!

0 komentar:

Posting Komentar